Rayakan 25 Tahun, Biznet Perkuat Konektivitas dan Infrastruktur Digital Indonesia

WhatsApp Image 2025 10 14 at 12.00.14 2 scaled
creativenews.id"

MAKASSAR, CREATIVENEWS – Selama 25 Tahun Biznet melayani masyarakat Indonesia dengan memperluas jaringan fiber optik, menghadirkan inovasi layanan, dan memperkuat komitmen menjembatani kesenjangan digital.

Pada 1 Oktober 2025, Biznet memasuki usia seperempat abad, dengan terus memperkuat perannya sebagai pelopor infrastruktur digital di Indonesia.

Selama 25 tahun beroperasi, Biznet konsisten menghadirkan inovasi layanan, memperluas jaringan, dan meningkatkan kualitas konektivitas untuk mendukung transformasi digital nasional.

Salah satu langkah strategis yang dilakukan tahun ini adalah pengaktifan jaringan kabel fiber optik bawah laut di Pulau Jawa pada Maret 2025.

Jaringan ini menghubungkan Jakarta – Cirebon – Semarang – Surabaya, untuk menambah kapasitas bandwidth antar kota sekaligus meningkatkan keandalan layanan. Inisiatif tersebut menjadi bagian penting dari pembangunan jaringan Biznet Nusantara Cable System-2 (BNCS-2).

President Director Biznet, Adi Kusma mengatakan bahwa perjalanan yang dimulai sejak tahun 2000 bukan hanya soal membangun jaringan, tetapi juga menghadirkan masa depan digital bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Sejak awal kami percaya bahwa jaringan Internet itu harus bisa diakses oleh semua orang, terutama di era digital saat ini. Karena itulah setiap langkah dan inovasi kami selalu mengarah kepada kualitas layanan yang lebih cepat dan lebih stabil serta akses yang lebih merata ke seluruh wilayah di Indonesia,” ujarnya.

Data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mencatat peningkatan penetrasi pengguna internet dari 79,5% pada 2024 menjadi 80,66% pada 2025, atau setara dengan 229 juta pengguna. Kenaikan ini menandakan semakin besarnya kebutuhan masyarakat akan konektivitas yang andal dan merata.

Menjawab tantangan tersebut, Biznet memperluas jaringan kabel bawah lautnya. Setelah meluncurkan BNCS-1 pada Juni 2024, Biznet kini mengembangkan BNCS-2 yang akan menghubungkan Pulau Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi untuk memperkuat konektivitas nasional.

Hingga kini, Biznet telah memiliki jaringan The New Biznet Fiber sepanjang lebih dari 100.000 kilometer, dengan 3 juta lebih homepass yang mencakup Pulau Jawa, Bali, Sumatra, Bangka, Batam, Kalimantan, Sulawesi, Lombok, Flores, dan Timor.

Biznet juga aktif menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) melalui pemberian layanan internet gratis bagi lebih dari 300 Kepala Keluarga (KK) di sekitar area Biznet MarinePOP, yaitu titik pendaratan kabel bawah laut di Kabupaten Jembrana, Serang, Karawang, Gresik, Bangka Barat, Lampung Selatan, dan Banyuasin.

“Sejak awal perjalanan kami sebagai penyedia layanan Internet, kami memiliki harapan yang besar agar masyarakat di seluruh wilayah Indonesia bisa terus berkembang dengan memanfaatkan teknologi Internet. Karena itu, kami memberikan kesempatan bagi masyarakat di sekitar Biznet MarinePOP mendapatkan akses Internet gratis untuk lebih terhubung dengan informasi dunia dan menjadi lebih berkembang di era yang kini serba digital,” jelas Adi.

Pertumbuhan pengguna internet juga mendorong percepatan digitalisasi di berbagai sektor, termasuk pendidikan dan kesehatan. Untuk mendukung hal ini, Biznet menghadirkan layanan EducationNET dan HealthNET yang menawarkan bandwidth lebih besar dengan harga terjangkau.

Di sektor pendidikan, koneksi handal Biznet memungkinkan proses belajar mengajar berjalan lebih baik serta membuka akses siswa terhadap sumber pengetahuan global. Sementara di sektor kesehatan, Biznet memahami pentingnya koneksi stabil untuk mendukung operasional dan peralatan medis modern.

Selain itu, Biznet juga menghadirkan Biznet Hotspot, layanan internet gratis di area pendidikan dan kesehatan untuk mendukung aktivitas digital masyarakat.

Sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan, Biznet memberikan penambahan kapasitas bandwidth hingga 150 Mbps untuk layanan Biznet Home selama Oktober 2025. Langkah ini merupakan upaya memenuhi kebutuhan masyarakat akan koneksi yang cepat dan stabil di rumah.

Dalam rangka perayaan 25 tahun, Biznet juga menggelar program giveaway Biznet Prize Vaganza, khusus bagi pelanggan baru Biznet Home dan Biznet Metronet. Pemenang akan dipilih setiap bulan selama periode September hingga Desember 2025, dengan hadiah spesial juga menanti pelanggan setia pada tahun 2026.

“Pada momen ini kami memberikan apresiasi kepada para pelanggan dan masyarakat melalui promo spesial dan juga program Biznet Prize Vaganza. Ke depan, kami akan terus menghadirkan layanan dan infrastruktur terbaik di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat. Kami selalu berinovasi untuk memberikan manfaat dan nilai tambah bagi masa depan Indonesia,” terang Adi Kusma.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *