MAKASSAR, CREATIVENEWS – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo resmi meluncurkan layanan Customer Care sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas pelayanan dan kemudahan akses informasi bagi pengguna jasa kepelabuhanan di seluruh Indonesia.
Layanan ini, yang dapat diakses melalui nomor telepon 102, WhatsApp di 0811-1552-102, dan email customer.care@pelindo.co.id, diresmikan langsung oleh Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono, dalam sebuah seremoni di Pelabuhan Tanjung Priok, Rabu (21/5).
“Kami memahami pentingnya kebutuhan akses layanan yang cepat, mudah diakses, dan responsif bagi pengguna jasa. Customer Care ini menjawab kebutuhan tersebut,” ungkapnya.
Layanan ini dirancang sebagai pusat komunikasi satu pintu yang melayani berbagai kebutuhan informasi dan penanganan keluhan terkait layanan kepelabuhanan di seluruh entitas Pelindo Group.
Cakupan layanan mencakup permintaan informasi administrasi, pelayanan kapal (pemanduan dan penundaan), terminal peti kemas maupun nonpetikemas, logistik (forwarding dan lini 2), hingga layanan properti.
Acara peluncuran juga dirangkaikan dengan Talk Show bertajuk Keterbukaan Informasi Publik, menghadirkan Komisioner Komisi Informasi Pusat, Samrotunnajah Ismail. Arif menegaskan bahwa hadirnya Customer Care 102 sejalan dengan komitmen Pelindo terhadap transparansi informasi sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No. 14 Tahun 2008.
Layanan ini didukung oleh tim profesional dan sistem Customer Relationship Management (CRM) yang memungkinkan respons cepat, tepat, dan terintegrasi.
“Pelindo percaya bahwa transformasi layanan kepada pengguna jasa akan menjadi fondasi penting dalam membangun ekosistem kepelabuhanan yang lebih efisien, terintegrasi, dan berorientasi pada kepuasan pengguna jasa,” tutup Arif.